Head Office

Jl Ahmad Yani No. 124 Mojosari Mojokerto Phone 082-3300-24246 / 0856-321-62-68

Senin

Kriteria Guru Menurut Pakar Pendidikan

Perkembangan pesat teknologi informasi saat ini, kiranya menumbuhkan tantangan tersendiri bagi Guru. Mengingat guru sudah bukan lagi satu-satunya sumber informasi hingga muncul pendapat bahwa pendidikan bisa berlangsung tanpa guru. Hal ini benar jika pendidikan diartikan sebagai proses memperoleh pengetahuan. Namun perlu diingat pendidikan merupakan proses pendewasaan, maka prosesnya tidak dapat ditinggalkan dari peran vital guru. Oleh karena itu dalam paradigma masyarakat dewasa ini, tuntutan terhadap guru semakin lebih berat. Sehingga muncul pemikiran guru yang baik adalah guru yang tidak hanya cukup memiliki nilai-nilai dan perilaku yag baik saja melainkan harus menjadi panutan dan sumber segala informasi baik bagi siswa maupun lingkungan masyarakat sekitar. Oleh sebab itu para pakar pendidikan menentukan kriteria-kriteria yang harus dimiliki seorang guru antara lain :
  1. Prof Herawati Susilo MSc, P.Hd  :Ada 6 kriteria guru masa depan (ideal) yaitu : belajar sepanjang hayat , literate sains dan teknologi, menguasi bahasa inggris dengan baik, termpil melksaakan penelitin tindakan kelas, rajin menghasilkan karya tulis ilmiah, dan mampu mendidik peserta didik berdsarkan filosofi konstruktivisme degn pendektn kontekstual. 
  2. Husnul Chotimah : Ada beberapa kriteria guru ideal yaitu : dapat membagi waktu dengan baik, rajin membaca, banyak menulis, gemr melakukn penelitian. 
  3. Wijaya Kusumah : Guru ideal adalah sosok guru yang mampu menjadi panutan dn selalu memberikn keteladanan. Ilmunya seperti mata air yang tak pernah habis. Semakin diambil semakin jernih airnya. Mengalir bening dan menghilangkan rasa dahaga bagi sipa sja yang meminumnya.
sumber literatur : Buku Tips menjadi Guru inspiratif, kreatif dan inovatif.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wah, ini artikel yg gue cari selama ini

Posting Komentar

 
Powered by Blogger