Rabu

Tips Mengajar Pertama Kali Bagi Guru Pemula


Mengawali karir menjadi tenaga pengajar atau Guru merupakan suatu hal yang membanggakan, menyenangkan sekaligus menegangkan. Bila pada hari pertama anda berhasil mengajar dengan baik maka pastinya anda akan mendapat kesan yang baik pula dari teman sejawat anda atau pun dari siswa didik anda. namun apa yang terjadi bila hari pertama anda mengajar anda nervous, gugup sehingga melakukan hal-hal yang tidak anda inginkan..???  nah untuk menghindari hal-hal yang tidak anda inginkan tersebut, yang siap menghantui anda seumur hidup. zona info semua menghadirkan Tips Jitu Mengajar Pertama Kali Bagi Guru Pemula, langkah-langkah yang harus anda lakukan cukup sederhana antara lain :
  1. usahakan anda sarapan/makan pagi sebelum berangkat bekerja, hal ini sederhana namun penting dilakukan karena kondisi perut yang kosong akan membuat anda sulit berkonsentrasi maksimal disaat mengajar
  2. siapkan semua perlengkapan yang anda butuhkan, seperti buku pedoman, RPP, Silabus, dll hal ini penting dilakukan agar ketika anda mengajar tetap sesuai dengan program yang sudah anda tetapkan.
  3. ketika anda memasuki kelas, usahakan ucapkan salam dan melakukan absensi terlebih dahulu. karena dengan melakukan langkah ini anda akan dapat mengenal kondisi kelas dengan baik serta menimbulkan kesan yang baik pula pada siswa didik anda.
  4. perkenalkan diri anda (nama, alamat dll) agar siswa didik anda merasa lebih dekat dengan anda dan tidak merasa anda sebagai orang asing.
  5. gunakan metode pembelajaran yang tepat ketika anda mengajar, dan usahakan sesekali memberikan sedikit jooke/humor kepada siswa didik anda agar mereka tidak merasa bosan.
  6. tutuplah proses belajar mengajar dengan baik, dan akhiri dengan salam dan senyum terkembang.
demikian  Tips Mengajar Pertama Kali Bagi Guru Pemula dari zona infosemua.com semoga dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita semua terutama bagi para guru pemula.


14 komentar:

Anonim mengatakan...

i like it...... aku mu ikutin tips ini hri snin tgl 18.juli.2011,,,mdah2an sukses & lancar....

Unknown mengatakan...

Cukup membantu nih buat ane yg baru pertama kali mengajar... btw,, kasih contoh cara perkenalan diri yg baik dong.. ane suka bingung mau ngomong apa kalo di depan murid,, jadi kaku kaya robot deh.. T_T

dodik mengatakan...

buat Farhan:
contoh perkenalan diri yang sederhana
guru: pagi anak2....?
siswa: pagi...
guru: bagaimana kabar kalian hari ini, sehat semua..?
siswa: iya pak..
guru: sebelum memulai pelajaran, seperti pepatah jaman dulu bilang "tak kenal maka tak sayang" nah disini bapak akan memperkenalkan diri bapak... tapi sebelum bapak memperkenalkan diri... bapak juga ingin mengenal kalian satu per satu. kalau begitu bapak absen dulu ya... (setelah selesai absensi seluruh kelas, selanjutnya guru memperkenalkan diri)

salasiah mengatakan...

Thanks banget udah berbagi..membantu juga bagi aku mahasiswa yang sedang praktik mengajar di SMA..

dewi mengatakan...

Saya pertama x mengajar takut gugup.g mana caranya supaya gk gugup

Unknown mengatakan...

pagi,,,saya baru pertama kali menjadi guru sekolah,,,saya berusaha untuk mendekatkan diri dengan anak2,,,ada beberapa anak yg memang sudah mulai untuk menerima saya sebagai gurunya,,,tetapi ada satu atau dua anak yg masih belum menerima saya,,,dan saya hanya takut kalau anak tersebut mengeluh dan memberitahukan orang tuanya,,,sepertinya ada beberapa yg tidak begitu suka dengan cara mengajar saya,,,apakah memang selalu terjadi hal seperti itu? dan bagaimana solusinya? terima kasih...

Muhammad Adam Hussein, S.Pd mengatakan...

Sangat membantu, alhamdulillah sukses saya juga karena ppl udah dari 2011 hehe. Pokoke pengalaman yang ga bisa dilupakan dan sekarang alhamdulillah udah mengajar.

Sarif mengatakan...

Trims ilmunya...mau d cb bsk tgl 04 Jan 2016...smoga lancarrr

Anonim mengatakan...

saya mengajar di salah satu pesantren, dan saya belajar bahasa arab, namun di saat saya ingin mengajar sesuai dengan i'dad, kondisi mental saya masih kurang karna anak2 berisik, juga saya masih bingung cara memulai nya, saya ingin bertanya, bagaimana cara menglihangkan rasa linglung ketika ingin memulai pembelajaran, saya ingin sekali ngajar sesuai dengan i'dad yg saya pakai,,,makasih sebelumnya,,,

Orient Hia mengatakan...

Sangat bermanfaat. Doakan saya teman² besok rabu saya akan mengajar di SMA N2 Tambun Utara.
Mengajar mapel bahasa inggris,semoga besok berjalan dengan baik.

Baru pertama mengajar PPL

Doni mengatakan...

Not BAD thank's

Unknown mengatakan...

Terimas kasih... Semuanya salam sukses :-)

Dodii mengatakan...

Kalo baru lulus kuliah s1 non pendidikan, terus mau jadi guru, apa sih yang harus dilakukan..?

Teacher IND mengatakan...

Bismillah, dicoba besok tanggal 24 agustus 2016, buat PPl 2, 😊

Posting Komentar

 
Powered by Blogger