Head Office

Jl Ahmad Yani No. 124 Mojosari Mojokerto Phone 031-34599414 / 0856-321-62-68

Minggu

Model Pembelajaran PAIKEM Talking stick


Model Pembelajaran dengan metode Talking stick mendorong peserta didik untuk berani mengemukakan pendapat. Metode talking stik ini sangat tepat digunakan dalam pengembangan proses pembelajaran PAIKEM. Langkah-langkah yang harus digunakan dalam penerapan metode Talking Stik antara lain :
  1. Pembelajaran dengan metode talking stick di awali oleh penjelasan guru mengenai materi pokok yang akan dipelajari. Peserta didik diberi kesempatan membaca dan mempelajari materi tersebut. Berikan waaktu yang cukup untuk aktifitas ini.
  2. Guru selanjutnya meminta kepada peserta didik menutup bukunya. Guru mengambil tongkat yng telah dipersiapkan sebelumnya.
  3. Tongkat tersebut diberikan kepada salah satu peserta didik, peserta didik yang menerima tongkat tersebut diwajibkan menjawab pertanyaan dari guru Kemudian seterusnya.
  4. Ketika stick bergulir dari peserta didik lainnya, seyogyanya diiringi musik langkah akhir dari metode talking stik adalah guru memberikan kesempatan kepada peserta didik melakukan refleksi terhadap materi yang telah dipelajarinya. Guru memberi ulasan terhadap seluruh jawaban yang diberikan peserta didik, selanjutnya bersamama-sama peserta didik merumuskan kesimpulan. 
sumber : Agus Suprijono,Cooperative Learning,Yogyakarta:pustaka pelajar,2009 

6 komentar:

Anonim mengatakan...

sing mbacakan sapa yach?hehehehe

Heru Setyawan mengatakan...

kuyabz

Al-Lyla mengatakan...

Saya mau tanya, kq judulnya model pembelajaran PAIKEM Talking stick, lha yang di bahas talking stick, PAIKEM dan talking stick sama atau beda? tlg jelaskan, terimakasih

Heru Setyawan mengatakan...

Talking stick adalah metode pembelajaran yang tergolong dalam metode PAIKEM, yaitu metode Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. jadi Talking Stick merupakan bagian dari PAIKEM.

nink mengatakan...

talking stik itun pada saat gurunya memberi tongkat apa gurunya langsung memberikan kepada salah satu peserta didik sesuka hatinya atau dengan permainan menyani smapi lagu itu berhenti dan yang mendapatka tongkat kemudian itu yang diberi pertanyaan ?? bgtu ??

Anonim mengatakan...

mo tanya dunkz,klo teori tntang pngrtian talking stick itu sndiri apa sich???
pengertian talking stick menurut para ahli.

Poskan Komentar

 
Powered by Blogger