Head Office

Jl Ahmad Yani No. 124 Mojosari Mojokerto Phone 031-34599414 / 0856-321-62-68

Senin

Pengertian Model Pembelajaran dari Berbagai Tokoh Pendidikan


Model pembelajaran merupakan salah satu komponen utama dalam menciptakan suasana belajar yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan (PAIKEM). Model pembelajaran yang menarik dan variatif akan berimplikasi pada minat maupun motivasi peserta didik dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas. Dengan penerapan kurikulum KTSP dan tuntutan untuk mengembangkan model pembelajaran kreatif maka Guru harus pula mampu mengikuti tuntutan perkembangan dunia pendidikan terkini. Guru harus berani berinovasi dan beradaptasi dengan metode pembelajaran PAIKEM seperti Talking Stick, Example non Example, Think Pair Share dan tidak hanya terpaku pada Metode Ceramah saja. Untuk memperjelas mengapa model pembelajaran perlu dikembangkan secara berkesinambungan, kita harus kembali pada  pengertian model pembelajaran  secara umum. Berikut ini adalah pengertian model pembelajaran menurut pendapat para tokoh pendidikan antara lain:

  1. Agus Suprijono : pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas maupun tutorial.
  2. Mills : “model adalah bentuk representasi akurat sebagai proses actual yang memungkinkan seseorang atau sekelompok orang mencoba bertindak berdasarkan model itu”
  3. Richard I Arends : model pembelajaran mengacu pada pendekatan yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pembelajaran, tahap-tahap kegiatan di dalam pembelajaran, lingkungan pembelajaran dan pengelolaan kelas.  









5 komentar:

Anonim mengatakan...

berkunjung disiang yg cerah.... maju terus pendidikan....www.sdntambaksirangbaru.sch.id & www.sriudin.com

Model Pembelajaran mengatakan...

Minimal dapat beberapa definisi model pembelajaran. Thanks sudah berbagi ya.

zukka mengatakan...

boleh minta daftar pustakanya ap saja??

ivan verys mengatakan...

Thanks ya sob udah share .......................



bisnistiket.co.id

Model Pembelajaran Kreatif mengatakan...

Model pembelajaran yang tepat adalah salah satu faktor penentu keberhasilan dalam penyampaian materi. Terima kasih untuk share pengertian-pengertiannya pak.
Salam.

Poskan Komentar

 
Powered by Blogger