Head Office

Jl Ahmad Yani No. 124 Mojosari Mojokerto Phone 031-34599414 / 0856-321-62-68

Selasa

Tips Menjadi Guru Favorit Bagi Peserta Didik


Setelah hampir 7hari tidak beraktivitas dalam blog, kali ini saya menghadirkan artikel yang berjudul "Tips Menjadi Guru Favorit Bagi Peserta Didik". nah sebelum saya menjelaskan apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan, saya ingin sedikit bercerita dan berbagi pengalaman dengan pembaca semua. Ketika saya masih duduk di bangku SMA ( tepatnye SMAN 1 Mojosari, salah satu sekolah elit he...) ada seorang Guru di SMA saya yang bernama Pak Kus, hampir seluruh siswa SMA bahkan yang sudah lulus sekalipun pasti tidak akan pernah melupakan bagaimana seorang Pak Kus ketika mengajar dikelas. Ketika beliau mengajar pasti semua siswa akan serius memperhatikan dan menikmati apa yang beliau jelaskan, beliau dimata siswa adalah seorang guru yang tidak hanya sebagai pemberi materi pelajaran di kelas tetapi juga sebagai seorang sahabat, teman bahkan tempat penampungan keluhan siswa. Oleh karena itu sangat tidak mengherankan bila beliau kemudian mendapatkan gelar predikat Guru Terbaik dan Guru Teladan tingkat Kabupaten (selamat ya pak :-)).
Sementara disisi lain ada pula seorang Guru yang berinisial H, pak H pada waktu itu adalah sosok Guru baru di lingkungan sekolah saya, beliau terkenal sebagai sosok Guru yang pandai semasa kuliahnya. Sebagai guru muda tentu pak H berusaha untuk bisa bergaul dengan lingkungannya secara baik namun karena cara yang digunakan pak H sedikit kurang tepat jadi ya kemudian beliau diangap sebagai Guru yang kurang disukai siswa (termasuk saya, he..).
Dari sedikit cerita di atas, sebenarnya untuk menjadi seorang Guru Favorit bagi Peserta didik, dapat dikatakan mudah namun juga sulit. Kenapa demikian? Profesi Guru merupakan profesi dengan tuntutan kompetensi yang kompleks seperti pedagogik, penguasaan materi, psikomotor, dan lain sebagainya yang semua itu diikat dengan norma-norma kesopanan dan etika bahkan adat dalam masyarakat, sehingga menjadi seorang Guru dalam konteks demikian seperti halnya makan buah simalakama. Nah oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut para Guru semua dapat mengikuti tips berikut ini yang sudah teruji dalam penelitian secara ilmiah.
Tips Menjadi Guru Favorit Bagi Peserta Didik :
1.      Jangan pernah anggap diri anda sebagai Guru, anggaplah diri anda sebagai teman, sahabat , bahkan orang tua bagi siswa-siswi anda sehinggga nanti akan menimbulkan stimuli respon yang positif dari peserta didik baik dalam pelajaran di kelas maupun di luar kelas
2.      Selalu Up to Date terhadap informasi maupun hal-hal baru yang berkaitan dengan peserta didik anda, jangan menjadi KuPer (Kurang Pergaulan) karena Guru dimata siswa adalah sumber segala informasi sehingga bila seorang Guru tergolong KuPer maka rasa Respect dan Hormat peserta didik kepada Guru juga hilang.
3.      Berikan materi pelajaran yang tidak membosankan, terutama mengaitkan antara pelajaran dengan pengalaman sehari-hari sehingga peserta didik dapat mengerti bahwa materi yang dipelajarinya memang penting dan bermanfaat.
4.      Tidak bersifat kaku dan otoriter dengan memberikan Reward and Puishment yang sesuai dengan kemampuan peserta didik. 
5.   Gunakan Model dan Media Pembelajaran yang bervariasi terutama yang berpedoman pada PAIKEM sehingga dapat memberikan suasana yang menyenangkan bagi peserta didik.









0 komentar:

Poskan Komentar

 
Powered by Blogger