Head Office

Jl Ahmad Yani No. 124 Mojosari Mojokerto Phone 082-3300-24246 / 0856-321-62-68

Minggu

Pendidikan Modern atau Pendidikan Klasik.. Pilih yang Mana??

http://4.bp.blogspot.com/_US_0p-2zj0Q/S_KDWSby6UI/AAAAAAAAADc/Yj0IBx5k6ks/s1600/bud_utomo-b1.jpg

Dalam perkembangan dunia pendidikan dewasa ini dapat dikatakan sedang ngetrend-ngetrendnya penggunaan model-model pembelajaran dengan pendekatan PAIKEM. Sehingga pendidikan cara klasik dianggap sudah tidak sesuai dengan perkembangan kondisi jaman saat ini. Dengan demikian otomatis setiap elemen pendidikan termasuk guru harus dapat menyesuaikan dengan trend pendidikan modern saat ini. Pngembangan perangkat pembelajaran seperti RPP, Media, Model pembelajaran semuanya diubah dan disesuaikan dengan standar pendidikan modern yang ’katanya” akan mampu meningkatkan kualitas peserta didik.
Harapan yang begitu tinggi terlebih lagi dengan penerapan kurikulum yang dianggap paling mutakhir yaitu KTSP ternyata belum cukup memberikan jawaban yang memuaskan bagi kondisi pendidikan di indonesia. Problematika yang berkembang justru semakin kompleks dan terasa tiada ujungnya. Secara garis besar dari survey zonainfosemua.blogspot.com dapat disimpulkan bahwa degradasi moral generasi pelajar sekarang jauh lebih buruk dibanding dengan pelajar-pelajar masa pendidikan klasik dulu dengan presentase mencapai 85%. Nah untuk mengetahui lebih jelas, mari kita membanding konsep pendidikan modern dengan pendidikan klasik.

No
Faktor Pembanding
Pendidikan Klasik
1
Pendidikan Moral
Penanaman Humanisme dengan cara Anti Kekerasan
Penanaman Humanisme dengan menggunakan Kekerasan dalam taraf wajar.
2
Fungsi Guru
Sebagai Motivator dan Fasilitator.
Pusat segala aktivitas pendidikan baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah.
3
Penerapan Etika
Tergantung pada masing-masing individu peserta didik.
Wajib diterapkan di dalam maupun luar lingkungan sekolah.
4
Punishment and Reward.
berupa himbauan dan apresiasi sesuai dengan kompetensi peserta didik.
Berupa himbauan dan apresiasi sesuai dengan kompetensi peserta didik.

Bila melihat tabel di atas dan realita pendidikan dewasa ini, menurut anda apakah konsep pendidikan modern sudah lebih baik dari pendidikan klasik? Kalau ya kenapa degradasi moral generasi pelajar indonesia tidak lebih baik dari generasi pelajar masa pendidikan klasik? Apa yang salah dari konsep pendidikan kita?








5 komentar:

Madridista mengatakan...

ya..... terima kasih infonya.... di tunggu kunjungannya ..... saling klik iklan gtu....saling promo iklan ke tmen2 kita yang laen..... he he he .......!!

Madridista mengatakan...

ok.....trim gan ...

Heru Setyawan mengatakan...

trims bnyak gan ats kunjungannya..

Anonim mengatakan...

pendidikan modern juga bisa dilakukan dengan melakukan pembelajaran online. saya sarankan para pelajar, pendidik, dan bagi yang ingin menambah wawasan untuk membuka situs http://www.indi-smart.com ,, Indismart adalah situs pembelajaran online berbasis web yang ditunjang dengan animasi edukatif sehingga materi pelajarannya dapat diserap dengan mudah. selamat mencoba :)

tanosaman mengatakan...

numpang ser ya.....

Posting Komentar

 
Powered by Blogger