Head Office

Jl Ahmad Yani No. 124 Mojosari Mojokerto Phone 031-34599414 / 0856-321-62-68

Kamis

Metode Pembelajaran Think, Pair, Share


Buat para penggemar dan pembaca setia zonainfosemua.com sebelumnya, admin mohon maaf karena hampir dua bulan tidak ada artikel terbaru dari zonainfosemua. Hal ini bukanlah karena kesengajaan melainkan karena berbagai kesibukan dari admin sehingga website ini sedikit kurang diperhatikan. nah kali ini admin menghadirkan kembali artikel yang bertemakan pendidikan yaitu Metode Pembelajaran Think, Pair and Share.

Seperti kita ketahui dewasa ini, perkembangan dunia pendidikan yang cukup pesat membuat guru harus benar-benar pandai dalam mengembangkan kualitas diri maupun kompetensi yang dimiliki. Salah satunya yaitu mengembangkan model pembelajaran yang berbasis PAIKEM. Metode Pembelajaran Think pair Share merupakan salah satu metode yang cukup aktif dan inovatif untuk dikembangkan dalam proses belajar mengajar di kelas.

Seperti halnya namanya, metode ini mempunyai 3 pedoman dasar yaitu Thinking, Pairing and Sharing. secara garis besar langkah-langkah pelaksanaan dari metode Think, Pair Share adalah :
  1. Thinking : pembelajaran ini dimulai dengan Guru mengajukan pertanyaan atau isu terkait dengan pelajaran untuk dipikirkan oleh peserta didik. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memikirkan jawabannya.
  2. Pairing : pada tahap ini Guru meminta peserta didik berpasang-pasangan. beri kesempatan pada pasangan-pasangan itu untuk berdiskusi. diharapkan diskusi ini dapat memperdalam makna dari jawaban yang telah dipikirkannya melalui intersubjektif dengan pasangannya.
  3. Sharing : dalam kegiatan ini diharapkan terjadi tanya jawab yang mendorong pada pengonstruksian pengetahuan secara integratif sehingga peserta didik dapat menemukan struktur dari pengetahuan yang dipelajarinya.
Demikian uraian singkat dari metode Think Pair Share, Semoga dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi perkembangan dan kemajuan dunia pendidikan kita. amin...

 Artikel Terkait :
Metode Example non Example, Metode Talking Stick, Metode ceramah, Model Pembelajaran.

 Sumber : Agus Suprijono, 2009, Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka pelajar









0 komentar:

Poskan Komentar

 
Powered by Blogger