Head Office

Jl Ahmad Yani No. 124 Mojosari Mojokerto Phone 031-34599414 / 0856-321-62-68

Sabtu

Degradasi Moral Generasi Muda Bangsa Indonesia akibat Carut Marutnya Pendidikan.

Perkembangan Moral para generasi bangsa terutama para pemuda Indonesia semakin lama semakin mengkhawatirkan. Hampir setiap hari kita disuguhkan berita yang melibatkan para generasi muda Indonesia yang membuat hati kita miris bila mendengarnya, seperti adanya tawuran antar pelajar, narkoba bahkan hingga video mesum dari berbagai pelajar di tanah air.

Problematika tersebut di atas sudah terlalu parah dan merupakan sudatu bentuk tantangan kedepan yang harus diperbaiki, namun bila kita Flashback lagi ke belakang, faktor apakah yang membuat para generasi muda kita menjadi seperti sekarang ini? Pendidikan menjadi kunci dari semua persoalan tersebut. lalu apa yang salah dengan pendidikan kita.!! bukankah standar pendidikan kita sudah terus berkembang ke arah yang lebih baik..??

RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional) yang diagung-agungkan bukanlah solusi tepat menciptakan generasi pemuda yang bermoral tinggi. faktanya apakah dengan RSBI generasi muda menjadi lebih bermoral? apakah RSBI membuat generasi muda menjadi lebih mengerti adat-istiadat? apakah RSBI membuat generasi muda tahu sopan-santun? apakah RSBI membuat generasi muda berbudaya Indonesia? apakah RSBI membuat generasi muda bangga akan bangsanya sendiri?

Semua pertanyaan tersebut tidak akan pernah mampu dijawab. hal ini deperparah bahwa dengan adanya standar kelulusan UNAS membuat sekolah semakin mengesampingkan pelajaran yang berhubungan dengan moral dan lebih mementingkan pelajarn yang diprogramkan pada UNAS.

Pendidikan di Indonesia sekarang bukanlah pendidikan dengan pendekatan budaya dan tradisi Indonesia, melainkan pendidikan dengan pendekatan model barat atau lebih kerennya Westernisasi. Kalau sudah seperti ini tidak ada gunanya memakai slogan pendidikan "Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani". Slogan pendidikan ini adalah cerminan bagaimana para founding Father Pendidikan Indonesia sangat mengutamakan pentingnya Etika dan Moral bagi para generasi muda sebagai pilar utama Pendidikan dan membangun Jati diri Bangsa.

1 komentar:

Wayne Rooney mengatakan...

Ironis memang.. karena masa depan bangsa ini ada di tangan pemuda :-D Jadi yang bisa berbuat, berbuatlah sesuatu untuk bangsa ini.. sekecil apapun...

Poskan Komentar

 
Powered by Blogger