Jumat

Tips Sukses Menangkan Lomba Karya Ilmiah.

Hampir setiap tahun beberapa instansi pendidikan maupun non pendidikan baik instansi pemerintah hingga swasta  pasti mengadakan lomba Karya ilmiah atau penelitian ilmiah. dalam lomba karya ilmiah tersebut para peneliti nantinya akan mendapat dana yang jumlahnya tidak sedikit sebagai bentuk imbalan maupun dana pelaksanaan program dari proposal karya ilmiah yang diajukan.
Dengan adanya iming-iming dana tersebut, tentunya akan membuat banyak persaingan untuk memperolehnya, namun anda jangan khawatir, dalam artikel zona pendidikan kali ini akan membeberkan secara gamblang bagaimanakah cara jitu untuk memenangkan lomba karya ilmiah baik ditingkat lokal maupun nasional.

Inilah Tips Sukses Menangkan Lomba Karya Ilmiah, langkah-langkahnya antara lain :
  1. Buatlah Judul/Program Karya Ilmiah yang menarik, kreatif dan belum pernah ada sebelumnya. anda tidak harus bingung mencari hal-hal baru namun cukup dengan memodifikasi apa yang sudah ada dengan konsep yang menarik maka sudah cukup untuk menciptakan suatu program baru yang berkualitas.
  2. Usahakan Judul/Program karya ilmiah yang akan anda ajukan merupakan program yang membutuhkan modal kecil namun nantinya dapat menghasilkan keuntungan / manfaat yang besar. misalnya : pemanfaatan limbah organik sebagai pupuk pertanian.
  3. Gunakanlah bahasa yang komunikatif dan jelas. tidak harus sesuai dengan Standar Ejaan Bahasa namun cukup dengan tata bahasa yang baik dan komunikatif serta mampu menyampaikan ide gagasan yang akan anda lakukan secara jelas dan transparant.
  4. Buatlah tabel estimasi biaya dari program/karya ilmiah yang akan anda kerjakan sehingga pihak sponsor akan lebih yakin dan tidak ragu unuk memilih anda sebagai mitra.
  5. Jelaskan manfaat dan keuntungan yang diperoleh baik bagi anda, instansi maupun masyarakat sehingga akan tampak jelas bahwa program yang anda ajukan merupakan program yang berkualitas.
demikianlah Tips Sukses Memenangkan Lomba Karya Ilmiah yang bisa anda lakukan, namun point terpenting dari setiap usaha yang akan anda lakukan nantinya adalah keuletan dan semangat untuk terus maju. selamat mencoba, dan semga sukses. salam akademika...






0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger